MTsN 1 KOTA BANDUNG

Unggul Dalam Mutu, Santun Dalam Perilaku, Ikhsan Dalam Pelayanan

Posted by ummialif On July - 26 - 2012

Semua berawal dari mimipi… sebuah mimpi untuk dapat menggapai  prestasi. Dari sekelumit mimpi beberapa pendidik untuk dapat mengikuti perkembangan zaman dengan menguasai teknologi informasi, akhirmnya MTsN 1 Kota Bandung telah memiliki media informasi yang cukup berkualitas. Walaupun posisi lokasi madrasah yang kurang mendukung, dengan bau busuk yang menyengat akibat limbah pabrik yang tercium setiap hari, bukan menjadi halangan bagi MTsN 1 untuk tetap maju. Berbagai kendala dihadapi dalam meluncurkan program ini. Namun dengan semangat untuk maju dan keikhlasan untuk mengembangkan sekolah, akhirnya program aplikasi pendidikan BEST EDUCATION SYSTEM dapat terwujud di MTsN 1 Kota Bandung.

Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) adalah keniscayaan kehidupan yang harus dihadapi oleh umat manusia.  Dalam aktivitas kehidupan, iptek menjadi bagian penting  dari manusia dan menyertai eksistensi manusia di muka bumi. Abad ke 21 sekarang ini, merupakan zaman globalisasi yang meniscayakan sekat-sekat ruang antar negara semakin tipis, sehingga hubungan antar bangsa dan negara sangat meluas dan batas-batas negara sepertinya tidak ada lagi. Kemajuan ilmu, teknologi, komunikasi dan industrialisasi sangat pesat, sehingga meningkatkan dan memperluas gerak maupun dampak globalisasi.

Globalisasi merupakan tantangan, harapan dan kesempatan bagi segenap penduduk dunia, yang semua itu memberikan dampak yang cukup luas terhadap perkembangan peserta didik. Untuk menghadapi tantangan yang ada, sekaligus meraih berbagai kesempatan yang tersedia pada era globalisasi secara optimal. Maka seseorang harus mewujudkan dirinya sebagai individu dan SDM yang bermutu.

Penggunaan metode pembelajaran dan media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran sekolah pada khususnya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-uapaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Penggunaan media pembelajaran yang variatif akan mendukung keberlangsungan proses belajar yang semakin kompleks sesuai dengan perkembangan zaman.

Salah satu media pembelajaran berbasis IT yang telah dilaunchingkan di MTs Negeri 1 Kota Bandung pada tahun 2012 ini adalah program pembelajaran melalui jaringan internet dengan alamat website: www.mtsnsatukotabandung.sch.id.

Berdasarkan realitas diatas, dan guna pengembangan kurikulum, strategi pembelajaran dan optimalisasi fasilitas belajar di madrasah , maka dibutuhkan kebijakan pengembangan iptek dalam sistem pendidikan nasional, iptek sebagai kebutuhan mendesak madrasah hingga pengembangan jaringan (networking) iptek di madrasah.Salah satu bentuk pengembangan jaringan iptek adalah adanya ketersediaan peralatan multimedia pembelajaran baik berupa hardware maupun softwarenya.

Dari konsep inilah Komite MTsN 1 Kota Bandung memutuskan untuk melakukan kerjasama dengan PT Mega Sakura Intitama untuk pengembangan sistem manajemen informasi baik bagi civitas akademik MTsN 1 Kota Bandung maupun seluruh masyarakat pecinta pendidikan. Salah satu media pembelajaran berbasis IT yang telah dilaunchingkan di MTs Negeri 1 Kota Bandung pada tahun 2012 ini adalah program pembelajaran melalui jaringan internet dengan alamat website: www.mtsnsatukotabandung.sch.id.

Program ini dimaksudkan agar siswa, guru, maupun orangtua/walimurid mengakses berbagai informasi mengenai perkembangan mutu madrasah baik dilihat dari sisi peserta didik, tenaga pendidik maupun lembaga. Demi kelancaran program, diawal peluncuran program ini dilakukan kegiatan SOSIALISASI DAN PELATIHAN APLIKASI BEST EDUCATION SYSTEM. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap dengan sasaran pada tenaga pendidik dan kependidikan, orangtua/walimurid, dan peserta didik kelas 7,8,dan 9.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada:

1. Tenaga Pendidik dan Kependidikan ( 18-20 Juni 2012)

2. Orangtua/Wali murid ( 23 Juni dan 2 Juli 2012)

3. Peserta Didik kelas 9 ( 10 Juli 2012)

4. Peserta Didik kelas 8 ( 11 Juli 2012)

5. Peserta Didik kelas 7 ( 12 Juli 2012)

2 Responses so far.

  1. Dini A R says:

    Terima kasih kepada sekolah yg telah bekerjasama dengan BEST, sehingga kami bisa mengikuti dan turut mengawasi perkembangan anak-anak kami.

  2. mundir says:

    Selamat…maju terus MTsN…