Website OSIS, Pemograman Karya Siswa MTsN 1 Kota Bandung yang Cerdas dan Berbakat

0
318

Website OSIS, Pemograman Karya Siswa MTsN 1 Kota Bandung yang Cerdas dan Berbakat

Terinspirasi oleh seorang programmer wanita “Ada Lovelace” yang bisa menciptakan sebuah program, Muhammad Faisal  Nugraha atau yang sering disapa Faisal mencoba untuk membuat website sendiri dari wordpress. Momen ini menjadi cikal bakal Faisal memperdalam tentang  pemrograman. Bakatnya semakin terasah pada saat PERGUNU yang bekerja sama dengan OmahTech memberikan pelatihan pemrograman bagi  pelajar tingkat SMP/MTs sampai SMA/MA/SMK se-Indonesia termasuk bagi siswa/i MTsN 1 Kota Bandung. Alhamdulillah, Faisal tertarik untuk mengikuti pelatihan ini.

Saat mengikuti pelatihan banyak kendala yang  dialaminya, mulai dari jaringan, codingan yang tidak sesuai, codingan yang error. Tetapi, semangatnya tidak pernah surut. Buah dari kerja kerasnya,  alhamdulillah Faisal berhasil bersaing menjadi 33 peserta terbaik mengalahkan 1000 orang peserta lainnya se-Indonesia dengan  mendapatkan nilai A saat ujian pemograman level satu.

Pada saat mengikuti  ujian pemrograman level kedua, Faisal mendapat arahan dan bimbingan dari Waka Kesiswaan MTsN 1 kota Bandung yaitu Ibu Hj. Ummi agar membuat website OSIS/MPK MTsN 1 KOTA BANDUNG. Dengan penuh tanggung jawab Faisal mulai mencoba untuk membuat website ini.

Faisal menghadapi berbagai kendala saat pembuatan website ini, mulai dari jaringan yang tidak stabil, codingan yang selalu error, mati lampu saat memprogram dan program yang salah. Hal ini disebabkan karena pada saat  pelatihan, Faisal hanya mempelajari beberapan konten materi. Sedangkan pada kenyataannya,  pembuatan website sangat kompleks. Tetapi, kondisi ini tidak menyurutkan semangatnya.

Kreatifitas tanpa batas terus dilakukan oleh Faisal, mulai mencari referensi dari berbagai sumber seperti buku-buku pemrograman dan dari internet. Faisal pelajari dan fahami semuanya. Sampai akhirnya program dalam website ini tidak error. Tetapi, kendala tidak hanya sampai di situ kendala codingan error pun selalu muncul.

Demi menghasilkan website dengan fungsi dan tampilan yang baik, tak jarang Faisal hanya bisa tidur 4-5 jam sehari. Hal ini sebagai bukti bahwa tekad Faisal untuk membuat website sangat bulat terlebih karena memang cita-citanya yang ingin menjadi seorang programmer muda yang kreatif dan produktif.

Untuk menghasilkan website yang baik,  Faisal selalu meminta saran dari orang tua, Ibu Hj. Ummi, Ibu Ida Sayidah apa yang menjadi kekurangan website ini. Karena menurut Faisal, saran dan nasehat dari orang yang lebih tua sangat bermanfaat dan alhamdulillah dengan tekad Faisal yang tidak mau menyerah, website ini pun dapat terselesaikan.

Mudah-mudahan dengan website hasil karya Faisal ini,  OSIS/MPK MTsN 1 KOTA BANDUNG serta semua siswa MTsN 1 KOTA BANDUNG bisa lebih berkreasi lagi dan website ini bisa bermanfaat untuk semua orang.

 239 total views,  1 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here