Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap I Bagi Siswa/i MTs Negeri 1 Kota Bandung

Author:

Category:

spot_img

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap I Bagi Siswa/i MTs Negeri 1 Kota Bandung

Bertepatan dengan Hari Jadi Kota Bandung  ke-211, tepatnya pada hari Sabtu, 25 September 2021, MTs Negeri 1 Kota Bandung bekerja sama dengan Puskesmas Caringin telah melaksanaan vaksiniasi Covid-19 tahap 1 yang ditujukan kepada siswa/i usia 12 tahun sampai 17 tahun. Pada kegiatan ini, MTs Negeri 1 Kota Bandung menetapkan kuota vaksinasi sebanyak 618 orang siswa yang terdiri dari kelas 7, 8, dan 9.

Siswa/i yang menjadi peserta vaksinasi diwajibkan untuk mendaftar sebelum pemberian vaksinasi melalui tautan reservasi  yang telah disediakan MTs Negeri 1 Kota Bandung dengan syarat administrasi yang tersedia pada tautan, seperti; surat persetujuan vaksinasi Covid-19 dari orang tua.

Jenis vaksin yang diberikan adalah jenis CoronaVac (kerap disebut SinoVac), yang diproduksi langsung oleh Biofarma. Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 7.30–13.00 WIB, dan dilaksanakan dengan beberapa sesi untuk menghindari kerumunan. Siswa/i juga diwajibkan untuk membawa fotokopi kartu keluarga untuk memenuhi syarat registrasi.

Adapun beberapa tahapan vaksinasi:

  1. Pendaftaran (peserta menunjukkan kartu Keluarga/NIK untuk verifikasi sasaran yang akan mendapatkan vaksinasi)
  2. Meja screening (pemeriksaan fisik, seperti pengecekan suhu, tekanan darah, penyakit komorbid, dan hal-hal terkait agar dapat melanjutkan ke proses vaksinasi)
  3. Meja injeksi (proses vaksinasi berlangsung)
  4. Observasi (kegiatan pengamatan selama 30 menit untuk melihat reaksi tubuh setelah vaksiansi sekaligus menginput data peserta yang selanjutnya akan mendapatkan sertifikat vaksinasi).

Saat meninjau pelaksanaan kegiatan vaksinasi, Bapak Kepala madrasah, Drs. Tendi setiadi, M.M.Pd menyatakan bahnwa kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi siswa/i MTs Negeri 1 kota Bandung diharapkan dapat mempercepat pembentukan kekebalan kelompok atau “herd immunity” di lingkungan madrasah  sebagai upaya untuk memberikan keamanan saat  pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas. Pada kesempatan ini pun, beliau mengucapkan terima kasih yang setingi-tinginya kepada seluruh jajaran MTsN 1 Kota Bandung yang telah membantu menyukseskan kegiatan vaksinasi siswa/i tahap I, sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga ikhtiar dan upaya sehat ini dikabulkan oleh Allah SWT.

 212 total views,  1 views today

Read More

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here