Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global

Author:

Category:

spot_img

Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global

Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi, ekologi, dan lain-lain yang bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik agar mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Pendidikan berbasis keunggulan lokal di MTs Negeri 1 Kota Bandung terintegrasi dalam mata pelajaran Bahasa Sunda, yaitu dengan mengembangkan karya-karya sastra, seni, dan budaya Sunda yang dapat dijadikan sumber belajar. Keunggulan lokal juga diintegrasikan ke dalam mata pelajaran IPA yaitu dengan mengembangkan karya-karya ilmiah siswa. Selain itu keunggulan lokal diintegrasikan juga kedalam mata pelajaran PAI
yaitu dengan mengembangkan program Tilawatil Qur’an. Sedangkan untuk mengantisipasi tuntutan global dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan berbasis keunggulan global diarahkan pada penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dengan menerapkan pembelajaran ”Peserta didik menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris setiap hari Jumat apabila berkomunikasi dengan guru dan karyawan”. Sedangkan dibidang teknologi, yaitu dengan memanfaatkan internet yang ada di madrasah sekitar sebagai sumber belajar.

 1,897 total views,  1 views today

Read More

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here