RPP Matematika Kelas 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : MTsN 1 Kota Bandung
Mata Pelajaran : MTK
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
KD : 3.9, 4.9 dan 3.10 , 4.10
Pertemuan ke : 1
Materi : Perbandingan
A, TUJUAN PEMBELAJARAN
Memahami Perbandingan Dua Besaran
Menentukan Perbandingan Dua Besaran
Menyelesaikan permasalahan terkait Perbandingan Dua Besaran
Menentukan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
Menyelesaikan terkait dengan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
Memahami Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Senilai
Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Senilai
Menyelesaikan Masalah Perbandingan Senilai pada Peta dan Model
Memahami Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Berbalik Nilai
Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Berbalik Nilai
B, KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA
Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll
Slide presentasi (ppt)
ALAT
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain
SUMBER
Buku guru dan siswa
Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan
PENDAHULUAN
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)
Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
KEGIATAN INTI
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran. (Literasi)
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran. (HOTS)
Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran.(Collecting information and Problem solving)
Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)
PENUTUP
Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
C, PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui, ………… , ……….2020
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran