RPP Matematika Kelas 7

Author:

Category:

spot_img

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

(Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

Sekolah : MTsN 1 Kota Bandung

Mata Pelajaran :  MTK

Kelas/Semester  :  VII / 2

Alokasi Waktu   :  2 x 40 menit

KD : 3.9, 4.9  dan  3.10 , 4.10

Pertemuan ke  : 1

Materi  : Perbandingan

A, TUJUAN PEMBELAJARAN

Memahami Perbandingan Dua Besaran
Menentukan Perbandingan Dua Besaran
Menyelesaikan permasalahan terkait Perbandingan Dua Besaran
Menentukan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
Menyelesaikan terkait dengan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
Memahami Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Senilai
Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Senilai
Menyelesaikan Masalah Perbandingan Senilai pada Peta dan Model
Memahami Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Berbalik Nilai
Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Berbalik Nilai

B, KEGIATAN PEMBELAJARAN

MEDIA

Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll
Slide presentasi (ppt)

ALAT

Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

SUMBER

Buku guru dan siswa
Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

PENDAHULUAN

Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)
Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran. (Literasi)
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran. (HOTS)
Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran.(Collecting information and Problem solving)
Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya,  Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

C, PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,                                                                                  ………… , ……….2020

Kepala Sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran

 283 total views,  1 views today

Read More

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here