Santri Siaga Jiwa Raga

0
237

Santri, Generasi yang Siaga Jiwa Raga

MTs Negeri 1 Kota Bandung memperingati Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2021 yang mengusung tema Santri Siaga Jiwa Raga. Tema ini merupakan bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.

Siaga jiwa, berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlakul karimah, berpegang teguh pada aqidah, nilai dan ajaran Islam lil alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Sejarah mencatat bahwa santri di masa lalu adalah garda terdepan yang selalu siaga dan berani maju untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada masa  lalu jiwa santri selalu siap dan berani maju untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Maka santri hari ini tidak akan pernah memberikan celah masuknya berbagai ancaman yang dapat merusak citra dan keutuhan negara tercinta Indonesia.
Siaga raga berarti pola pikir dan pola hidup santri harus sehat dan kuat agar mampu mendedikasikan buah karyanya untuk agama, bangsa dan negaranya.

Siaga jiwa raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren, yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs yaitu mensucikan dengan cara digembleng. Melalui berbagai tirakat lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui peringatan Hari Santi pada tanggal 22 Oktober 2021, kita berharap agar seluruh siswa/i MTs Negeri 1 Kota Bandung mampu menjadi generasi Indonesia yang siaga jiwa raga untuk menyongsong dan mengisi kemerdekaan Indonesia dengan prestasi gemilang.

 182 total views,  1 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here