Tutorial Memposting Konten Di Website MTsN 1 Kota Bandung

Author:

Category:

spot_img

Tutorial Memposting Konten Di Website MTsN 1 Kota Bandung

Login/Masuk Ke Dashboard

Caranya di homepage website MTsN 1 Kota Bandung arahkan kursor ke menu berita lalu akan muncul beberapa sub menu lalu pilih Masuk (gambar 1)

Gambar 1

Memasukan username dan password

Silah kan masukan username dan password Anda! ikuti langkah pada gambar di bawah ini (gambar2)! Biasanya username huruf kecil semua dan tidak ada spasi.

Langkah ke 1 yaitu masukan username Anda.

Langkah ke 2 masukan password Anda.

Langkah ke 3 klik tombol Log In 

gambar 2

Setelah berhasil login/masuk maka akan langsung menuju dashboard,  tampilan default nya akan seperti gambar di bawah ini (gambar 3). Tampilan yang terdapat pada gambar 3 akan berbeda-beda sesuai hak akses atau userlevel masing-masing. Masing-masing userlevel tersebut memiliki hak akses yang beda-beda, tergantung kewenangan user yang diberikan. Beberapa userlevel pada website ini, antara lain administrator, editor, author, contributor,  dan subscriber. Pengertian dan penjelasan userlevel ini bisa di lihat pada artikel di sini.

Gambar di bawah ini tampilan untuk userlevel editor.

Gambar.3

Membuat Konten

Langkah selanjutnya adalah mulai membuat postingan konten yaitu dengan cara (lihat gambar.4) arahkan kursor pada menu post lalu akan muncul sub-menu lalu klik Add New.

gamabr.4

Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini (gambar.5).

Pada kolom Add New Post (Add title) adalah untuk mengetik judul konten. Tanda panah merah menunjukkan area untuk mengetik kontennya. Di sana Anda dapat mengetik layaknya mengetik di aplikasi microsoft word. Bisa menambahkan gambar, tabel, video (link youtube dll). Dan sebaiknya judul yang telah di ketik pada kolom di atasnya (Add title), di ketik ulang pada area mengetik konten, agar tampilan pada website Anda akan terlihat menarik dan memenuhi unsur SEO.

gambar.5

Bila Anda telah menulis konten yang di simpan di aplikasi microsoft word atau di notepad dll, maka cukup copy paste saja. Lihat gambar petunjuk di bawah ini (gambar.6).

gambar.6

Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar.7, lalu Anda periksa kembali untuk memastikan telah di paste semuanya. Penjelasan untuk nomor 1 adalah judul artikel, untuk nomor 2 juga sama judul artikel, di usahakan pengetikan judul pada area konten ada ruang jarak (nomor 3), baru di bawahnya paragraph untuk konten.

gambar.7

Supaya tampilan di website menarik, Anda harus membedakan pengetikan judul dan isi konten. Kenapa? karena di CMS WordPress ini tidak akan menemui ukuran pont untuk membedakan huruf nya ukuran kecil atau ukuran besar. Tapi membedakannya dengan memilih Heading, yaitu heading 1, 2, 3 sd 6 dan paragraph. Lihat gambar.8 di bawah ini! Nomor 1 judul pada area artikel Anda blok lalu arahkan kursor seperti nomor 2 di menu paragraph maka akan muncul sub-menu lalu nomor 3 pilih/klik sub-menu Heading 2. Anda bisa mencoba yang lainnya maka hasilnya akan berbeda.

gambar.8

Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini (gambar.9)

gambar.9

Memilih Kategori

Selanjutnya Anda pilih catagories, sesuaikan isi konten dengan kategorinya masing-masing. Bila kategori ini tidak di centang, maka secara otomatis akan masuk ke uncategorized (tanpa kategori).

gambar.10

Menambah Gambar

Setelah memilih kategori selesai, maka tugas selanjutnya adalah menambahkan Featured Image (gambar konten). Maksudnya adalah gambar tersebut untuk mendeskripsikan isi konten. Caranya lihat nomor 1 arahkan kursor seperti pada gamabr.11, lalu klik featured image seperti pada nomor 2.

gambar.11

Makan Anda akan dibawa pada jendela baru, yaitu untuk mengupload gambar. Pilihannya ada dua, yaitu mengupload di Media Library (server website) atau di komputer lokal (nomor 1), kemudian klik Select Files (nomor 2).

gambar.12

Bila memilih Media Library maka pilihannya adalah seperti pada gambar.13. Yaitu gambar yang telah diupload sebelumnya. Anda pilih gambar sesuai konten (nomor 1), lalu klik Set Featured Image (nomor 2).

gambar.13

Bila Anda memilih komputer lokal maka jendela baru muncul pada direktori/folder yang ada di komputer lihat gambar.14. Silahkan Anda putuskan gambar mana yang sesuai dengan konten (lihat tanda panah nomor 1) lalu klik open (nomor 2).

gambar.14

Lalu gambar akan terupload ke server di berkumpul di menu Media, lalu klik Set Featured Image (gambar.15)

gambar.15

Review Konten

Bila semua tahapan memposting konten selesai adalah mereview konten, maksudnya Anda periksa kembali keseluruhan postingan konten dari awal sampai akhir apakah sesuai dengan yang telah direncanakan. Baik dari judul, isi, kategori dan gambar deskripsi. Caranya adalah lihat pada gambar.16 klik Review.

gambar.16

Tampilan review tercermin pada gambar.17, tanggal, judul, userlevel, nama user dan kategori, gambar deskripsi dan isi konten akan terlihat pada halaman post.

gamabr.17

Publish Konten

Tahapan akhir dari memposting konten adalah klik publish pada tanda panah merah di gambar.18 maka keseluruhan tahapan dari awal sampai akhir akan di simpan di server lalu akan tampil pada halaman post dan homepage(beranda)

gambar .18

Pada saat meng-klik publish maka server akan bekerja menyimpan data, proses ini akan memakan waktu disesuaikan dengan koneksi internet (provider internet) dan spesifikasi hosting website Anda serta banyaknya isi konten yang di proses.

gambar.19

Untuk keluar dari jendela post (memposting konten) klik view post sesuai tanda panah merah nomor 2.

gambar.20

Maka jendela akan berubah menjadi halaman post (konten), lihat gambar.21. Dan bila Anda mau kelaur dari dashboard caranya adalah arahkan kursor ke nama user Anda (nomor 1) lalu klik Log Out.

gambar.21

Maka tampilannya seperti gambar dibawah ini (gambar.22), menu dashboard Anda akan hilang pada bagian kanan dan di bawah bar.

gambar.22

Demikianlah uraian singkat mengenai tutorial memposting konten di website MTsN 1 Kota Bandung. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

 475 total views,  1 views today

Read More

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here